Budaya Karakter SDN 2 Ronowijayan

"Sudah Rapikah Kalian ?" Begitulah sambutan pertama Kepala Sekolah dalam upacara bendera tadi pagi di halaman SDN 2 Ronowijayan, sontak para murid kebingungan, dikarenakan ada beberapa murid yang kurang lengkap untuk seragam hari senin waktu upacara. Mereka memeriksanya mulai dari Topi hingga sepatu, seketika suasana menjadi bergemuruh, liat kanan kiri.... sambil membetulkan seragam yang dipakai.

Pada kesempatan upacara bendera hari senin tanggal 23 Mei 2011, Kali ini Kepala Sekolah menekankan pada pembiasaan budaya karakter yang ada di lingkungan SDN 2 Ronowijayan, karena dengan pembiasaan yang baik maka murid diharapkan mampu bertindak sopan, ramah, rajin, dll baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Budaya-budaya yang telah melekat pada diri bangsa ini seharusnya tidak pudar dan tidak terpengaruh dengan budaya dari timur yang terkesan kurang baik, sehingga disinilah tugas kita untuk melestarikan budaya-budaya tersebut.

Melalui slogan-slogan yang dipasang di tiap dinding luar kelas SDN 2 Ronowijayan yang mempunyai makna-makna yang mendalam, diharapkan bukan sekedar pajangan atau lukisan yang sekedar ditempel dibaca tanpa memaknainya, melainkan slogan tersebut memiliki nilai-nilai pendidikan berkarakter. Dengan Slogan-slogan yang terpampang di dinding kelas, murid diharuskan mampu mencerminkan diri sebagai pribadi yang ber-KARAKTER, pribadi yang bertaqwa, pribadi yang unggul, pribadi yang disiplin, pribadi yang bertanggung jawab, jujur, sopan, peduli, kerja keras, sikap yang baik, toleransi, kreativ, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, menghargai, bersahabat, cinta damai, serta pribadi yang  berprestasi  dalam segala hal, sehingga visi dan misi SDN 2 Ronowijayan dapat tercapai.

Slogan-slogan yang ada di SDN 2 Ronowijayan..

1. AKU MALU DATANG TERLAMBAT

2. SUDAH BERSIHKAH HALAMANKU

3. BUDAYA 5 R, Rajin, Rapi, Ringkas, Resik, Ramah

4. BUDAYA 5 S, Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun

5. JADIKAN LINGKUNGANMU BERSIH INDAH DAN NYAMAN

6. PRESTASI TAK AKAN TERCAPAI TANPA ANTUSIAS YANG TINGGI

7. KESUKSESAN BERASAL DARI KEMAUAN YANG KUAT

8. KEBERSIHAN SEBAGAIN DARIPADA IMAN

9. SEKOLAH INI MILIK KITA MARI KITA JAGA BERSAMA

10. BEKERJA TANPA DIPERINTAH

11. MEMBERI CONTOH DENGAN PERBUATAN LEBIH BAIK DARIPADA  DENGAN PERKATAAN

12. BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA

13. NGELMU IKU KELAKON KANTHI LAKU SENAJAN AKEH ILMUNE LAMU ORA DIGUNAKNE NGELMU IKU TANPA GUNO

14. DISIPLIN ADALAH HARGA DIRI YANG PALING TINGGI

15. MANUSIA AKAN MATI TAPI BAKAT AKAN ABADI

16. AJINING DIRI GUMANTUNG ING LATHI AJINING SALIRO GUMANTUNG ING BUSONO

17. KEBODOHAN BUKANLAH HUKUMAN TETAPI AKIBAT, KECERDASAN BUKANLAH GANJARAN TETAPI KONSEKWENSI

18. BERTANGGUNG JAWAB TANPA DIMINTA

19. DISIPLIN TANPA DIAWASI

20. GAGAL DALAM PERJUANGAN BUKAN BERARTI  KEMUNDURAN

Demikianlah slogan-slogan yang memiliki nilai-nilai dasar pendidikan karakter bangsa yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah kita khususnya SDN 2 Ronowijayan. Semoga kita semua dapat menyiapkan para generasi penerus bangsa menjadi calon pemimpin masa depan yang memiliki karakter yang  mempunyai kemampuan intektual yang tinggi. Kita pun berharap akan muncul pemimpin masa depan yang berkarakter, berintegrasi yang tinggi dan cerdas dalam melihat perkembangan sejarah bangsa